Wednesday, February 12, 2014

Informasi SBMPTN 2014

Meskipun belum dirilis oleh Panitia Sbmptn 2014, namun menurut prediksi kami, sesuai tahun 2013 kemarin, Jadwal Ujian Tulis Sbmptn 2014 akan dilaksanakan bersamaan dengan Pendaftaran Ulang yang lulus Snmptn di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi. Dimana panitia Snmptn menetapkan jadwal kegiatan tersebut tanggal 17 Juni 2014 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014.


Pada tahun akademik 2014/2015 nanti, seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) terap menggunakan 3 jalur. Ketiga jalur tersebut adalah Snmptn, Sbmptn, dan Ujian mandiri / Seleksi Mandiri. Untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kuota mahasiswa yakni 50%-60% dari total mahasiswa yang diterima. Sementara kuota Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPT) yakni 30%-40% dari total mahasiswa. Sedangkan kuota jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) atau jalur mandiri yakni 10%-20%.

Jadwal Ujian SBMPTN 2014 (perkiraan)

Jadwal Ujian Tertulis

1. Selasa, 17 Juni 2014:
   Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU)
2. Rabu, 18 Juni 2014
   Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum)


Jadwal Ujian Keterampilan

Belum disusun oleh Panitia Sbmptn.


Penilaian Hasil Ujian

Ujian tertulis Sbmptn 2014 akan tetap menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, serta daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:

Jawaban BENAR dari peserta : akan mendapatkan nilai +4
Jawaban SALAH dari peserta : akan mendapatkan nilai -1
Jika peserta Tidak menjawab: akan mendapatkan nilai 0
Kelompok Ujian
Kelompok ujian tertulis SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

Kelompok Ujian Saintek dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Saintek
Kelompok Ujian Soshum dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Soshum.
Kelompok Ujian Campuran dengan mata uji TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Sains, Soshum, atau Campuran.


Semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber:
- ujiantulis.com dan sbmptn2014.com

0 comments:

Post a Comment